Wednesday, May 29, 2013

7 Peluang Usaha Untuk Lulusan SMK Elektro


7 Peluang Usaha Untuk Lulusan SMK Elektro.
Anda seorang lulusan SMK Elektro? tapi tidak melanjutkan kuliah,, dan sedang butuh pekerjaan? atau sedang kuliah tapi ingin kerja sampingan? Artikel ini cocok Anda baca jika ingin membuka usaha sendiri, dengan model kecil tentunya. Kebetulan admin sendiri juga lulusan SMK Elektro, :) pengen berbagi pengalaman dikit.



Berikut peluang usaha yang bisa Anda jalani.

1) Membuka Jasa Reparasi Elektronik

Dengan kemampuan yang didapatkan sewaktu SMK, kita bisa membuka usaha jenis ini, sekarang barang-barang elektronik sudah ada hampir ada di setiap rumah, seperti TV, Radio, Sound System, Charger, dll. Apalagi jika kita bisa memperbaiki mesin/barang elektronik seperti Kulkas, AC, dll. Itu akan menambah penghasilan kita, karena harga barang-barang tersebut lumayan.

Beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini adalah:
  1. Solder, solder harganya kisaran 10-50rb,, mungkin yang 5rb juga ada, tergantung model dan kualitas. Toko-toko elektronik yang menjual alat ini banyak, untuk wilayah Lombok, yang saya tahu banyak di Cakra, di Ampenan juga ada.
  2. Timah, timah digunakan bersamaan dengan solder. Yang anak Elektro sudah pasti tahu,, harga timah kisaran 1.000/meter itu kalau beli meteran
  3. Penyedot Timah, Obeng, Tang, dll.
  4. Komponen-komponen elektronika, tentu saja ini wajib, tergantung jenis kerusakan dan komponen yang rusak. Di Cakra banyak toko yang menjual komponen elektronik ini.
2) Membuka Jasa Reparasi Handphone

Jika kemampuan Anda lebih, Anda bisa membuka usaha service hp, sekalian aja jualan kartu, pulsa, aksesoris, dll :) . Alat yang penting di sini adalah blower, blower merupakan solder tapi untuk komponen yang kecil-kecil, harganya sih lumayan mahal. Peluang usaha ini masih terbuka, sebab rata-rata orang sekarang punya hp, mulai dari yang murah sampai yang mahal.

4) Membuka Jasa Reparasi Komputer/Laptop

Dengan belajar memperbaiki komputer, tentu saja akan lebih baik, nyambung dengan ilmu elektro,, jadi tidak terlalu pusing dalam memperbaiki. Berbeda dengan barang elektronik seperti TV (CRT), Radio (Analog) komputer/Laptop yang salah satu bagiannya rusak tidak sulit untuk diganti, tinggal belikan sparepart yang rusak dan pasang, tentu saja harus punya sedikit keahlian. Biar jangan bisa buka gk bisa nutup :D

Hal terpenting di sini adalah informasi-informasi mengenai produk-produk komputer. Harus tahu perkembangan dan sudah bisa bergelut di bidang ini.

5) Menjual komponen-komponen elektronika

6) Menjual barang-barang elektronika kecil

Yang saya maksud di sini adalah kita menjual barang seperti Bell, Alat pengusir TIkus/Nyamuk, Lampu flip flop, dan sebagainya, anak elektro lebih tahu.


7) dan masih banyak lagi peluang usaha yang bisa dijalani. Intinya TAKE ACTION!!!

Sekian, semoga membantu...

0 comments:

Post a Comment